Bioskop Kampus Montase : Catatan Program Kolase

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan (dari kain, kertas, kayu) yang ditempelkan pada permukaan gambar. Kami mengibaratkan masyarakat adalah bahan untuk menyusun kolase tersebut dan perilaku kolektif masyarakat yang saling menghargai terlepas perbedaan yang ada sebagai penyusun kolase kolosal dalam lingkup masyarakat. Dengan kata lain, keberagaman masyarakat di Indonesia hanya mampu menjadi sesuatu yang indah apabila diikuti oleh kesadaran bermasyarakat majemuk yang baik.

 

Dalam bentuk yang lebih abstrak lagi, lambang negara Indonesia bisa diibaratkan sebagai kolase dari bapak pendiri bangsa ini. Garis tebal pada perisai dan rantai merupakan usulan Sultan Hamid II; Pohon Beringin merupakan usulan Dr. R.M. Poerbatjaraka. Padi dan Kapas merupakan usulan Ki Hadjar Dewantara, dan kepala banteng merupakan usulan dari Mohammad Yamin. Dalam proses pembentukannya, lambang negara indonesia merupakan kolase bentukan para bapak pendiri bangsa yang semuanya memiliki kesadaran bermasyarakat majemuk yang tinggi.

 

Tentunya kesadaran bermasyarakat majemuk yang tinggi tidak serta-merta datang begitu saja, mengutip Tan Malaka dalam bukunya, Aksi Massa “Revolusi bukanlah suatu pendapatan otak yang luar biasa, bukan hasil persediaan yang jempolan dan bukan lahir atas perintah seorang manusia yang luar biasa. Kecakapan dan sifat luar biasa dari seseorang membangun revolusi, mempercepat atau memimpinnya menuju ke kemenangan, tetapi ia tidak dapat menciptakan dengan otaknya sendiri.”Lantas, apa hubungannya revolusi dan kesadaran bermasyarakat majemuk? Dalam hal ini revolusi yang dimaksud adalah revolusi pola pikir tiap-tiap masyarakat. Dalam bukunya, Tan Malaka berkata bahwa sebuah evolusi disebabkan oleh pergaulan hidup, suatu akibat tertentu dari tindakan-tindakan masyarakat. Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat menjadi “pemantik” kesadaran bermasyarakat majemuk dalam diri mereka yang menontonnya. Dari kesadaran tersebut, diharapkan akan turun menjadi lakon sehari-hari sampai pada akhirnya timbul revolusi pola pikir yang menjunjung kemajemukan masyarakat Indonesia.

 

Selamat menonton!

 

Film yang diputarkan :

 

Indonesia Bukan Negara Islam | Jason Iskandar | 09.32

Generasi Sekian | Vonny Kanisius | 19.02

Rumah | Novia Puspa Sari | 06.00

 

 

 

 

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *