Bioskop Kampus Montase : Catatan Program Mozaik

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan dari orang di sekitarnya. Alhasil, alam kesadaran maupun ketidaksadaran akan keinginan untuk memenuhi kebutuhan tersebut tak jarang seseorang rela mengubah dirinya menurut pandangan baik menurut orang lain. Jika tidak mampu mencapai “standar” untuk diakui, seringkali akan terjadi pergolakan batin bagi pribadi yang bersangkutan. Bukan hanya karena “gagal” mendapat pengakuan dari lingkup pergaulan, tetapi juga seringkali mendapat sentimen miring atau ejekan dari lingkup pergaulan tersebut.

 

Program ini menayangkan film berjudul “Bermula dari A” karya B. W. Purbanegara dan “Gendut” karya Eko Junianto. Bermula dari A bercerita tentang dua orang difabel yang menjalin asmara. Uniknya, Masing-masing dari mereka saling mencoba untuk melengkapi kekurangan satu sama lain. Akan tetapi kisah asmara ini juga dibayangi oleh keinginan sang ibu terhadap anak perempuannya agar anaknya mendapat pasangan yang lebih baik untuk anaknya. Sedangkan Gendut bercerita tentang seorang anak laki-laki yang berusaha menguruskan badannya karena sering dibilangi “gendut” oleh teman-temannya. Lucunya, cara yang dilakukan Aji, pemeran “si gendut”, mungkin kurang masuk akal. Akan tetapi sangat menggambarkan bahwa dalam realita, ada saja orang-orang yang melakukan hal-hal tersebut demi menyesuaikan dirinya dengan gambaran “baik” menurut orang banyak.

 

Program mosaik ini hadir untuk memberikan gambaran bahwa layaknya sebuah mosaik yang terdiri dari berbagai macam ukuran maupun warna, lingkungan sosial seyogyanya mampu dijadikan sebuah karya mosaik yang terdiri dari berbagai “bentuk” dan “ukuran” manusia penyusunnya. Bahwa , sekali lagi , keberagaman adalah sesuatu yang seharusnya dijunjung tinggi dan lewat program ini, kami berharap bagi siapapun yang menontonnya timbul kesadaran untuk menghancurkan standar-standar , terutama fisik, yang baik.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *