Catatan Menonton Guardians Of The Galaxy Vol.2

Pertama kali saya menonton film pertama Guardians Of Galaxy, tentunya impresi yang saya tangkap memang film ini sangat lucu dan menyenangkan, dan tentunya banyak aksi seru yang terlibat. Memang film pertama ini, adalah film marvel yang lumayan menyenangkan dan bagus. Tidak berbeda juga dengan sekuelnya, Guardians Of The Galaxy Vol.2, tentunya memiliki banyak humor dan aksi spektakuler pula. Sehingga kedua film Guardians Of The Galaxy merupakan film Marvel Cinematic Universe yang paling humoris saat kita menontonnya karena kelucuan berbagai aksi dari karakternya. Namun ternyata film kedua ini lebih membawa momen heartbreaking lain dan twist yang menyedihkan.

Salah satu tema yang sudah jelas dibawa di film Guardians of The Galaxy Vol.2 adalah Keluarga. Memang terlihat fokus cerita film ini adalah bagaimana Star-Lord atau Peter Quill dengan ayahnya, Ego. Belum lagi hubungan Nebula dan Gamora sebagai Saudara yang menyimpan kebencian dengan Bapaknya. Tetapi kekeluargaan juga ditunjukan dengan camaraderie, kepercayaan, dan pertemanan, dari tim yang diawali dengan pertengkaran Rocket dan Star-Lord. Film ini jelas ingin menguji kekeluargaan satu Guardians of The Galaxy, berbeda dengan film sebelumnya yang menyatukan mereka menjadi satu tim, dan dengan pesan untuk menentukan siapa yang keluarga atau bukan.

Tidak seperti film sebelumnya dan film marvel yang lain, tidak ada infinity stones di film ini (atau mungkin yang dikemukakan secara eksplisit), namun plot-plot di film ini tetap membawa aksi super-spektakuler, seperti scene Space-Battle dan ketika Yondu, Groot, dan Rocket kabur dari Kapal, yang merupakan scene favorit saya dalam film ini. Chemistry dan pengembangan karakter dalam alur cerita film ini juga sangat baik, contohnya yang dibangun Nebula dan Yondu dalam prosesnya untuk dapat masuk kedalam tim, sentuhan humor yang diberikan oleh Drax, Mantis, dan Baby Groot yang masih lucu, serta cerita cinta Gamora dan Star-Lord yang sayangnya hanya sedikit dibahas di film ini. Pada akhirnya, dapat saya simpulkan bahwa karakter-karakter dalam film ini akan membawa kejutan, humor, dan emosi lain yang sangat menarik saat ditonton, termasuk momen heartbreaking diakhir cerita dengan twistnya.

Dengan banyaknya cerita yang berjalan dalam film ini, tentunya terdapat masalah yang kurang terselesaikan pada beberapa cerita dan juga tidak mementingkan banyak karakter lain. Seharusnya banyak karakter ini diberikan scene lebih banyak didalam film agar lebih memorable sehingga tidak mendapat kesan hanya menjadi pelengkap film.

Untuk teknis dari film ini, terdapat banyak efek visual yang sangat baik tergambarkan dalam film ini, contohnya, seperti latar-latar luar angkasa, gambaran Planet Ego yang Kosong, juga special effects senjata yang melengkapi aksi terutama kilatan panah Yondu. Pemakaian CGI (Content Generated Imagery) dalam film ini sudah cukup baik untuk menggambarkan space-battle yang seru dan pula shot karakter yang sangat cocok untuk segala hal ataupun editing yang sangat amazing membuat film semakin lucu. Namun, hal yang tentunya mendapat tepuk tangan adalah scoring dari Awesome Mix Vol.2 yang sangat cocok dan mungkin terbaik dari semua film yang pernah saya tonton.

Sehingga untuk penilaian, saya memberikan nilai 8 dari 10 untuk film ini. Jika anda menginginkan aksi yang seru ditambah humor yang lucu memang film Guardians of The Galaxy vol.2 ini memang sangat cocok untuk ditonton sebagai hiburan. Entah mungkin karena film ini dibuat selain untuk melanjutkan film pertamanya, mungkin juga untuk menjadi jembatan antar film MCU , Marvel Cinematic Universe, lainnya sehingga fokus dari film ini, seperti yang sudah saya jabarkan diatas, terlalu banyak. Seharusnya, karakter lain bisa lebih dispotlight dan pengembangan cerita bisa dilakukan dengan lebih baik. Meskipun begitu, tetap saja ini bisa menjadi film favorit banyak orang yang sangat menyenangkan untuk ditonton, melihat aksi A-Hole menyelamatkan Alam Semesta.

Author: Rizki Duwinanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *