Catatan Program Bioskop Kampus Lentera

 

Selain sebagai medium lain penggambaran realitas, menurut pengertian tim kurator Bioskop Kampus, film juga merupakan salah satu tiang besar konstruksi sosial terutama dalam ranah komunitas film. Dalam pengertian yang kami maksud sebeumnya, film merupakan pemantik diskusi antar individu sehingga terbentuklah sekumpulan individu yang memiliki kesamaan  baik minat, bakat, maupun intensi dan dapat secara tidak langsung disebut komunitas. Akan tetapi dalam pratiknya, seringkali komunitas film Bandung tidak menemukan jalan antar satu sama lain sehingga tiap komunitas seakan-akan menjadi individu dalam koneks perfilman Bandung.

 

Dalam kesempatan pemutaran kali ini, kami menampilkan film dari berbagai komunitas dan sineas di Bandung yaitu Awal karya dari Institut Seni Bandung Indonesia, Bubar, Jalan! Karya Gery Fairus, Recto Impala karya Adie Maulana dari Universitas Pendidikan Indonesia, The Hotel’s Water karya Roufy Nasution, Alas Lali Jiwo karya AVI Pictures dari Telkom University, Rindu karya Muhammad Taufiq dari Rana Kamera, dan Jirim karya dari komunitas CC Fikom Universitas Padjadjaran.

 

Bioskop Kampus kali ini hadir untuk memperkenalkan film-film dari, oleh, dan untuk masyarakat Bandung khususnya komunitas film Bandung. Mengangkat tema lentera, harapan kami Bioskop Kampus dapat menjadi penerang melalui cahaya yang dibagikan lewat film-film yang diputarkan dalam Bioskop Kampus. Dengan begitu, tiap komunitas yang bergerak secara individu dapat menemukan jalan menuju komunitas film lainnya sehingga secara praktik komunitas – komunitas film Bandung tidak lagi berdiri sendiri.

 

 

 

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *