Justice League : Better than Avengers?

Tentunya, DC baru memulai debut film ini circa 2014, it’s still a new franchise than many MCU franchise. Dan akhirnya kita berada di film yang menyatukan Superhero DC Universe. Sebelum itu ada film Batman Vs Superman yang menurut gue sangat monoton. Plot, aksi yang dilakukan oleh para aktor hingga efek visual pun tidak membuat film terasa lebih baik. Atau film DC pada tahun yang sama, Suicide Squad. Terlepas dari keseruan yang tersampaikan dengan baik lewat aksi karakternya, untuk ukuran film besar, tingkat kesempurnaan CGI yang ditampilkan di film ini bisa dibilang cukup buruk bahkan ada beberapa bagian dimana efek visualnya terlihat tidak terlalu smooth (bagian dimana efek visual abu nampak masih kasar dan tidak diperhatikan secara detail) dan dengan aksi para penjahat dan musuh yang kadang tidak jelas di keberjalanan film. Kemudian tidak lupa film Wonder Woman, yang rilisnya hanya beberapa bulan sebelum film ini, which is all wonderful. Pertanyaannya, apakah Justice League lebih baik daripada semua itu?

Sebetulnya cerita yang ada di Justice League, yang dirombak oleh sutradara Avengers, Joss Whedon, sebenarnya sangat lurus dengan cerita Marvel pada umumnya,  dengan Justice league mengangkat latar belakang cerita yang seharusnya lebih seru dengan aksi melawan musuh, Steppenwolf dan Parademonsnya yang keren dari semua superhero, seperti Flash, Cyborg, Aquaman, Wonderwoman, dan tentunya Batman. Walaupun seperti itu, tetap, film ini gak cukup baik, apalagi posisi Superman yang di film ini terkesan misplaced dengan kemunculannya yang gak pas, mengakibatkan posisi deus ex machina yang bisa tertebak akan ditempati oleh Superman. Eksekusi cerita ini sangat buruk, apalagi superhero bodoh yang melakukan dengan gampangnya melepaskan motherbox ketika membangkitkan Superman, dan beberapa plot cerita ini menghasilkan scene-scene dengan aksi pertarungan yang terlalu cepat dan gampang terselesaikan walaupun sebenernya bisa dramatis dan bagus belum lagi keberadaan orang russia yang menurut saya tidak harus ada di sepanjang film.

Dalam masalah teknis, CGI yang dipakai adalah ala-ala Suicide Squad, which is masih jelek, kadang efek CGI terlihat sangat buruk apalagi dibandingkan dengan MCU yang sudah advanced, sehingga terkesan merusak shot-shot action yang ada. Scoring sudah baik jika didengar dengan aksinya. Secara keseluruhan, flaw cerita dalam film ini masih sangat banyak, berbeda dengan film-film Marvel yang sangat ciamik dalam eksekusinya.

Pengembangan karakter tentunya sangat penting dalam film ini, mengingat banyak karakter seperti Flash, Cyborg dan Aquaman yang baru memulai debutnya di film ini. Menurut saya, proses pengembangan karakter dalam film ini sudah digambarkan dengan cukup baik, terutama untuk karakter-karakter yang belum mempunyai filmnya sendiri di DCEU (DC Extended UniverseI). Karakter-karakter baru dalam film DCEU seperti Flash dan Aquaman mampu memberikan keseimbangan terhadap kebosanan yang dihasilkan oleh pengembangan karakter-karakter seperti Batman dan Wonderwoman dengan lelucon-lelucon yang lucu sehingga menurut saya sepadan dengan Avengers secara konteks pengembangan karakter. Terlepas dari hal itu, pengembangan karakter Steppenwolf seharusnya bisa lebih baik dengan mendramatisasi karakter Steppenwolf seperti yang dilakukan di musuh-musuh Avengers seperti Loki dan Ultron. Namun menurut saya, yang memiliki pengembangan karakter paling buruk adalah Superman, yang secara tiba-tiba menjadi Deus Ex Machina dalam film.

Sehingga nilai yang saya berikan hanyalah 6,2/10 yang lebih baik daripada film-film DCEU sebelumnya (kecuali Wonderwoman), tapi jika DCEU ingin tetap berada di Industri Box Office dan menyaingi Avengers dengan MCUnya, sepertinya masih jauh dari itu. Mungkin melalui film ini, dapat disimpulkan bahwa tidak cukup Zack Snyder saja yang menyutradarai semua ini. Mereka harus berpikir ulang bagaimana untuk membangkitkan franchise ini agar lebih bersaing.

Author: Rizki Duwinanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *