KOMPILASI PROGRAM KRU X VIDSEE : Johanes Deninov

Judul Program : WOMEN’S VOICE: SUARA NONA MERDU, SUARA NONA PERLU!

Mari mulai dengan sebuah fakta : Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mencatat pada tahun 2015 terdapat 321.752 kasus kekerasan terhadap perempuan dan tentu semakin meningkat sampai tahun 2017. Parahnya lagi, Tangerang-Banten, asal daerah saya, menduduki 9 dari 94 kota dengan kasus kejahatan seksual terhadapa perempuan terbanyak. Berarti, saya tinggal di sebuah daerah dengan tingkat kejahatan seksual terhadap perempuan yang sangat parah. Dan saya baru menyadari hal itu ketika sedang hangat- hangatnya kasus remaja perempuan yang ditemukan tewas di kamar kosnya setelah dianiyaya tiga laki- laki. Kasus ini benar- benar “gajah di pelupuk mata” dan “tidak terlihat” bahkan sama sekali.

Kasus sexual harassment perempuan memang tidak ada habisnya dan terjadi di sekitar kita: bisa di tempat kerja, kuliah, bahkan semudah menoleh kiri atau kanan kalian sekarang. Anehnya lagi, sangat sedikit orang peduli dengan–jutaan-kasus ini. Orang- orang memilih untuk diam, tidak terkecuali perempuan yang tentu sebagiannya adalah korban. Mereka menganggap hal itu adalah sebuah aib dan hal yang istilahnya “tabu” karena melawan kaum laki-laki (dalam kultur Indonesia mau tidak mau harus mengakui keudukan laki-laki masih diatas perempuan). Padahal, mereka adalah orang yang paling meresakan pahitnya kasus ini. Mungkin, mereka tidak punya apa-apa untuk melawan dan pasrah tidak melawan, dan menyimpan luka itu dalam hati dan pikiran mereka. Sudah ada wacana undang- undang tentang sexual harassment dan hukuman pelakunya tapi kasus- kasus kekerasan seksual terhadap perempuan ini justru makin melunjak, bukannya menurun.

Perempuan harus bisa bersuara untuk melawan pelecehan seksual dan belenggu-belenggu yang membuatnya untuk diam. Suara mereka juga butuh didengar. Dengan program ini, saya berusaha mewakili suara dan semangat perempuan untuk berjuang melawan sexual harassment terhadap perempuan. Program ini bagi saya adalah sebuah media bersuara dan perwakilan jutaan perempuan yang mengalami pelecehan dan tidak bisa berbuat apa-apa, sekaligus pembuktian bahwa mereka harus dan mereka mampu untuk bangkit. Perempuan dan laki-laki yang tidak tahu, saya harap bisa dicerdaskan melalui program ini. Semoga penonton bisa mendengar, sadar dan peduli dengan kasus yang sudah menempel dengan kehidupan sehari-hari kita ini.

Daftar Film :

Cars Horning For Women Oleh Amir Masoud Soheili

In The Morning Oleh Danielle Lurie

Breaking The Silence : Morrocans Speak Out Oleh GlobalGirl Media Morocco

Half Value Life Oleh Alka Sadat

Smothered Oleh Amit Dubey

 

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *