The 2013 Oscars: Pemenang Best Picture (Versi Liga Film Mahasiswa)

Hingar bingar Oscar sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu saat para film nominasi diumumkan. Terpilihlah 8 film terbaik yang ditetapkan Oscar sebagai nominasi best picture alias film terbaik di tahun 2012 itu. Kini pengumuman pemenang film terbaik ini telah menunggu waktu (Minggu, 24 Februari 2013 pukul 19.00 di sana, Senin 25 Februari pukul 10.00 WIB di sini), untuk ikut memeriahkan salah satu ajang terbesar para pecinta film ini, kami kru Liga Film Mahasiswa ITB ikut melakukan pemilihan film jagoan untuk menjadi pemenang best picture. Berikut daftar jagoan kami:

TIM LINCOLN

Probo Nagoya

Abraham lincolnnya ganteng, kayanya film Oscar banget.

TIM ARGO

Fidhia

Keprotagonisan amerika yang begitu kreatif.

Astra

Film ini mengangkat suatu peristiwa nyata yang terjadi di tahun 80an, dan Ben Affleck menayangkannya dalam sebuah kesatuan visual dan atmosfer yang menakjubkan. Diawali dengan serangan masyarakat irak ke dalam kedubes amerika serikat, sang sutradara muda ini berhasil membawa penonton berdebar layaknya berada dalam gedung itu sendiri. Tak hanya sampai disana ketegangan tersebut berakhir, seluruh isi film seakan dibuat menjadi sebuah rollercoaster thriller yang memacu adrenalin. Dan yang terakhir dan tak mungkin dilupakan penonton adalah saat pesawat akhirnya lepas landas dan keluar dari daerah kekuasaan irak, kelegaan tak hanya tampak di wajah para aktor, namun juga di wajah para penonton. Overall, it’s a great film to watch 🙂

Lulu

Setiap tahun film-film yang menang oscar pasti genre-nya beda-beda. Jarang ada sebuah film dengan genre yang sama menang  berturut-turut.

Jadii.. saya pilih Argo sebagai jagoan saya! *tenonet toneeet!*  karena film perang udh menang tahun 2009 (Hurt locker), biopic udh menang 2010 (King’s speech), drama romantis udh menang 2011 maka tahun ini saatnya drama dgn issue berat. HOREE!!

Argo.. padat dan efisien! Ga ada scene datar, Setiap adegan mengandung thrill. Deg-degan nontonnya juga… Ide-nya brilian.. kisah nyata yang dibikin film kaya gini, bagus huhuhu… terlebih film ini sangat America-ish (Amerika berhasil di akhir)!

Ikhsan Saumantri

Ok sejujur2nya kalo gw mw bacot soal cerita teknis ama lalalalala itu mah basi, jadi menurut aing tuh muatan politis oscar itu selalu besar. Disamping cerita oke punya, pembawaannya menarik, sutradaranya ben aplek ganteng (maen jg lagi), aktingnya keren2 (alan arkin sob), dll muatan politis film ini sob (kayanya perlu dibold muatan politis). Dengan membawa isu romantisme kepahlawanan amerika yang dikemas dengan cara menarik (bikin pelem maksudnya), itu menjadi poin plus bgt. Yah selama ini yg menang oscar tuh kontroversial biasanya, karena ada muatan politisnya. Banyak kok yg kaya gtu (co: Platoon, Forrest Gump, titanic, slumdog millionaire, driving miss daisy, etc). Karena disamping kualitas untuk memenangkan oscar perlu pembawaan isu yg menarik kalo ga melalui pesanan terntentu (titanic). Tapi lebih sucks kalo yg menang lincoln ato zero dark thirty (yaiyalah eksplisit amerika bot gtu), yah walopun sebenernya argo jg.

Komen knapa film lain ga akan menang:

-Lincoln yg super boring flownya dan cm ngandelin akting daniel day lewis dan para aktor ato aktris kawakan. (walopun ini dijagoin, bagi gw sucks kalo ini menang). Biopic yg menurut gw ga sekeren teh King’s Speech jg.

-Zero dark thirty gajelas dan ga sekeren film kathryn bigelow sebelomnya (hurt locker) yg notabene menag best pic. Dan sejujurnya gw ga menikmati nonton film ini.

-Les Miserables walopun sama2 musical  kaya the artist (bisu tepatnya) tp ga akan mengulang kesuksesannya. (Padahal gw nyanyi sepanjang film) Diferensiasi genre di les miserables ga sebooming waktu the artist sih.

-Life of Pi entah kenapa ini film terlalu medioker dan ga bisa sama sekali gw unggulin, menurut gw film dg pembawaan implisit susah menang oscar sih.

-Django Unchained yah ini film cool dan keren, tp sangat ga dpt corak bwt dpt best pic oscar. Yeah another quentin movie is always awesome for me but its quentin….

-Amour sumpah ini film plg ga gw tertarik bwt nonton, dan akhirnya gw ga nonton. yah ini film prancis (nuff said). Film foreign language mana bisa menang. The artist kebetulan ga pake ngomong (dan kembali lagi isu).

-Silver Lining Playbook yah aslinya kalo ini film menang gw bakal jungkir balik keliling itb. Ini film emang underdog bgt. kapan coba film rom-com menang oscar (yah walopun slumdog jg ada romance dan comedynya) ? dan menurut gw ga se-spesial itu jg.

-Beasts of the Southern Wild, sumpah gw suka bot film ini. Gw nangis nyet (kapan lg saumantri nangis, kongres aja kagak). Tp yah film ini indie bot, dan powernya kurang bwt oscar best pic (sama aja kaya django alesannya).

CMIIIW (bnyk bacot sih gw haha)

Dan ini semua adalah pandangan pribadi, plus riset bertaon2 (gak juga sih) sebagai penikmat film dan pengamat film amatir.

TIM LES MISERABLES

 

 

Perta

Lagunya bisa dinyanyiin.

Adzani

Soalnya akting yg main filmnya bagus, ceritanya bagus, gambarnya bagus, lagunya bagus, yg duduk disebelah aku pas nonton juga… bagus 🙂

Joshua

Bagus karena di film ini cerita bisa membawa si penonton penasaran..

Catharina

Film yang bener2 bikin gw nangis dan terharu setelah habibie ainun :””) actingnya pun oke2, bisa nyanyi lagu2 musikal yang belom tentu setiap aktor/aktris bisa.

 

TIM DJANGO UNCHAINED

Adhi

3 jam ga kerasa coy! Aktingnya sangat-sangat meyakinkan, ditambah shot khas Tarantino yang terlalu wow, sangat menghibur!

Niggas rulezzz!!!!

Didit

Saya penggemar ekstrim QT.

Davy

Ceritanya kerennnnnn.

Bryant

Ceritanya bagus. Sayang terlalu berdarah.

TIM LIFE OF PI

Erdy

Keren (^o^)/

Puput

Karena artinya bagus dan pesannya dalam, terus karena film yang paling disukai diantara film yang lain.

Nanda + Mamad

Menghadirkan pesan yang filosofis dan dalam dengan balutan sinematografi indah yang bias dinikmati semua orang.

Luthfi

Keren soalnya maknanya dapet banget, sama cgnya gaul, twistnya juga gaul.

Tibun

Entah mengapa masih jatuh cinta sama film ini sampe sekarang. visualisasinya juara dan filosofinya mindblowing parah. walau belum semua film diatas ditonton sih kak. dan bisa aja ada yang lebih bagus dr pilihan saya, tapi sampe sekarang, Life of Pi masih bertengger di posisi juara hati saya hihi :3

Nunu

Entah kenapa film ini menggugah hati, emosional juga. Visual yang bikin napas megap-megap juga sangat memanjakan mata. sejujurnya belum nonton semua :p tp masih nyangkut hatinya sama Life of Pi

Evard

Film ini uuh uuh uuh.

Aishanura Handina

Visualisasinya keren, menegangkan, seru walaupun kita diajak sedikit untuk berpikir, agak banyak juga sih mikirnya. Yang pasti maknanya dalam hehe.

Tansil

Because not everybody have a religion but everyone have a faith.

TIM AMOUR

Irham

<3<3<3<3

Kevin Aditya

SEDIH BANGET COY GAMAU CEPET TUA!

Latifa

Suka banget dengan pembawaanya yang lambat dan membat penonton makin merasakan perasaan setiap tokohnya. Banjir air mata banget :’)

——

Inilah opini-opini dari para kru Liga Film Mahasiswa ITB tentang jagoan best picture mereka. Bagaimana dengan kamu? 🙂

Jangan lupa untuk menyaksikan pengumuman Oscar 2013, Senin 25 Februari 2013 pukul 10 pagi!

Author: admin